09:41

4 Tips Menggemukan Badan

Menjadi gemuk adalah idaman orang yang kurus dan menjadi kurus adalah idaman orang yang gemuk. Setelah beberapa kali saya membahas tips untuk menjadi kurus, kali ini saya akan memberikan tips cara aman untuk menggemukan badan.

Memiliki tubuh yang terlampau kurus memang bisa membuat orang rendah diri. Mereka takut dikatakan berpenyakitan atau kurang gizi, padahal setiap hari mereka merasa telah mengkonsumsi makanan yang bergizi. Terlalu kurus juga membuat penampilan kurang bagus, tonjolan tulang tampak disana sini yang sangat tidak sedap untuk dipandang mata.

Bagi mereka yang ingin membuat tubuh lebih berisi, berikut beberapa tips cara aman untuk menggemukan badan :

1. Seimbangkan gizi makanan. Memilih makanan yang tepat merupakan hal yang sangat penting dalam upaya menggemukan badan sebab makanan merupakan sumber zat gizi, vitamin dan mineral yang masuk ke dalam tubuh. Untuk menambah berat badan, seseorang harus memperbanyak konsumsi kalori. Mereka harus mengkonsumsi kalori yang berlebihan guna menyisakan kalori untuk disimpan dalam bentuk lemak saat kalori ini dibakar pada akitifitas normal.

Makanan yang bagus untuk dikonsumsi termasuk sayuran, buah buahan, kacang kacangan, tepung tepungan, daging, makanan laut, unggas, dan telur. Yang perlu diingat, tidak semua jenis makanan bagus untuk menambah berat badan sebab saat ini banyak makanan terutama makanan kalengan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang tidak baik untuk kesehatan.

2. Lakukan olah raga dengan teratur. Menambah berat badan tidak hanya berkutat pada masalah makanan tetapi juga bagaimana membentuk otot yang berisi dan sehat. Latihan penguatan otot dan pembakaran lemak secara rutin merupakan cara terbaik untuk menambah berat badan sebab aktifitas ini akan mengatur seberapa cepat/lambat anda membakar apa yang anda makan. Untuk dapat menambah berat badan secara sehat, lakukan olah raga secara teratur sehingga yang membesar adalah otot anda dan bukan sebaliknya otot makin mengecil sementara lemak yang makin menebal.

3. Jangan terlalu memaksa diri. Walaupun mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalori merupakan anjuran banyak ahli, tapi anda tidak boleh terlalu memaksa diri untuk memakannya. Orang yang ingin menambah berat badan dianjurkan untuk mengkonsumsi sedikitnya 300 sampai 500 kalori setiap hari. Jika anda termasuk orang yang tidak hobi makan, anda bisa memasukan makanan tinggi kalori pada menu harian anda. Intinya, anda sendiri yang mengatur diet sesuai dengan kehendak dan kesukaan anda. Hal ini terutama untuk membuat anda lebih disiplin dalam menjalankan diet.

4. Jika memungkinkan, lakukan latihan secara teratur setiap hari kurang dari sejam. Saat anda di kantor atau di rumah, lakukan gerakan kecil yang tidak terlalu membutuhkan waktu. Saat anda melakukan latihan ini, utamakan pada bagian bagian tertentu dari tubuh, misalnya penguatan otot lengan dengan barbel, penguatan otot otot perut dan lain sebagainya. Para ahli percaya bahwa dengan melakukan latihan yang pada area tertentu pada tubuh akan membuat anda lebih memperhatikan bagian tubuh tersebut. Dengan melakukan latihan ringan, anda tidak terlalu banyak membakar kalori yang telah anda konsumsi. Selain itu, latihan ringan ini juga membuat tubuh anda tidak terlalu lelah untuk beraktifitas.

artikel dari WWW.blogdokter.net

27 komentar:

priendah mengatakan...

sampeyan sendiri bagaimana? apakah sudah berhasil menggemukkan badan?
he he he nice post.

yuda wijaya mengatakan...

saya masih berusaha pak muh artikel ini menjadi motivasi saya untuk menjadi gemuk

so tips ini for my self.

hehe doakan ya pak muh biar cepet gemuk kayak pak aziz

Anonim mengatakan...

selamat pagi

Anonim mengatakan...

tipsmu gak meyakinkan, lha wong orangnya sendiri masih kerempeng...wakakakaakak..

kalo sudah gemuk kasih tau ya, baru ntar aku coba tipsnya

Anonim mengatakan...

terlalu berbelit belit....... gak bermutu

Anonim mengatakan...

y ayayayayay yayayayayayayay yayayayaya

Kaos Murah mengatakan...

saya mencoba untuk mengkonsumsi susu, kok malah ada efek samping dengan kulit ya??

chia mengatakan...

saya udah coba...
tp gak bisa tuh...
gimana sih???

yuda mengatakan...

to : Chia
Chia Yang semangat ya jangan patah semangat lakukan tips diatas semaksimal.
awalnya saya juga sulit naiknya tapi setelah bulan ke 2 s/d ke 3 beratku nambah kurang lebih 3 kg dan sekarang aq mau nambah sampai proposial

Anonim mengatakan...

kereen...

tapi penyakit "males" masih menghantui saya, doakan biar ilang donk..
haha

Anonim mengatakan...

saya sudah mencoba mngkonsumsi susu, tapi kenapa efek nya saya jadi mencret ?

arek ijasikap mengatakan...

boleh dicoba

Anonim mengatakan...

aku tetap saja kurus selama 16 tahun ini. tapi mengapa setiap bulan,berat badanku nambah terus dan juga tidak dibarengi dengan perubahan pada bentuk tubuhku (makin keliatan kurus) secara bertahap.
menurutku,berat badan tidak berpengaruh pada kegemukan. soalnya meski berat badan naik,tapi tetap saja kurus melulu.
apakah karena tulang-tulangku yang bertambah berat?

Anonim mengatakan...

Dosa lo kali yang tambah berat.
wkwkwkkkk
Peace man :D

Anonim mengatakan...

mencoba membantu menjelaskan.
Berat badan ideal akan bertambah seiring bertambahnya usia, dan akan mencapai puncaknya pada usia 24.
Untuk mengetahui berat badan ideal bsa d cri dg menggunakan BMI rumusnya:
berat badan : (kuadrat tinggi dlam meter)

u/ BMI normal adalah 18-24,9
<18 = kurus
>24,5 = overweight
>30 = obes

ika mengatakan...

itu beneran manjur tuh?
koq hampir sama aja kya nurunin berat badan ya?

Anonim mengatakan...

saya udah coba makan teratur, dan makan banyak, tapi kok masih aja gak ada perubahan ya, ato mungkin saya cacingan :D /,.. mohon bantuannya :)

Anonim mengatakan...

saia makan 5 kali sehari trus minimal 8 gelas air mineral sehari trus olah raga kecil,sepak bola,berenang tapi ko tetap aja yah berat ku 45-50 kg...
g bisa 60 sampe 70 kg...
apa ada hubungannya dengan cacingan atau gejala penyakit dalam bisa menyebabkan hal kekurusan dgn kata lain g bisa gemuk ^^
sedih =.= ...

eko tri mengatakan...

siippp deh :)

Anonim mengatakan...

berat bdn sye 40kg jer..
xpandai naik2.. rasa geram sgt. sye da cuba mkn bnyk,tp tetap samaa. mlm ni mkn bnyk,esok perut da kempis! ntah2,ada cacing kot..

Nandar Blog mengatakan...

klw mau menggemukkan bdn dgn cepat minum aja "PIL KIANPI" Tapi kianpi yg super yh soalnya kianpi itu ada 2 macam,,,,dalam sebulan bisa naik sampai 5kg,,,,sy sdh buktiin kok,,,,,,!!!
selamat mencoba :)

Anonim mengatakan...

Iya.. bener! minum Kianpi.
Meskipun harganya lumayan mahal, tapi yg penting bisa gemuk.
Cari obatnya di toko obat Cina

Anonim mengatakan...

perlu perjuangan intinya

Anonim mengatakan...

perlu perjuangan intinya

rara mengatakan...

pil kianpi super yg gmn tuh?

Anonim mengatakan...

wkwkwk... ngakak aj aqu bca koomennya .. hm tips yg bguss gan ,, siiip,,,:-) . thx ..
berkunjung juga d blog ane gan ,,, ;-)
optimis24.blogspot.com

yuda wijaya mengatakan...

trims semua, maaf ndak bisa blas satu per satu.